jalanankosong

raihlah mimpimu


Tinggalkan komentar

Ketika Tuhan rindu hambanya

Suatu ketika pernah saya merasa hidup ini datar gak ada masalah, nikmat menjalani hidup.. Kemudian tiba tiba datang masalah berat. Sempat berpikir apakah ini hukuman dari Tuhan untuk ku? Tapi aku coba merenung, bagaimana ibadah saya belakangan ini, mungkin kurang..

Ah tak kutemukan jawaban.. Tapi dari tak menemukan jawaban ini, sebenernya itulah jawabannya. Yah aku terlalu berbangga diri gak mengakui kekurangan ibadah yg telah dilakukan, menganggap apa yg dilakukan sudah sempurna, padahal ibadah yg selama ini dilakukan masih jauh dari sempurna. Masih gak khusuk waktu sholat, masih ada rasa ria ketika sedekah, dan masih banyak lagi.

image

Nah nah, kenapa ya Tuhan kasih kita perasaan itu, gelisah, banyak masalah. Yg perlu kita garis bawahi adalah Tuhan sedang rindu pada kita, dia ingin kita mendekat lagi ke padanya.. Entah kita banyak dosa, dan udah sedikit atau jauh menyimpang dari jalannya, atau kurang sempurnanya ibadah kita, atau Tuhan ingin meningkatkan level iman kita. Saran saya si kita jngan menganggap ini adzab Allah, karena Adzab diturunkan kepada orang kafir.. Apakah kita kafir.. Tentunya tidak kan.. Kita masih yakin dan percaya Kepada Tuhan.

Rasa penyesalan memang selalu ada, tapi jadikan itu motivasi untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.. “Susah kak.. Malesnya tu gak ilang ilang,”.. Paksakan saja.. Seperti batu yg keras pasti akan berlubang juga kalau kita tetesi air terus menerus walaupun harus menunggi 1000 tahun, nikmati saja prosesnya, ketika hati ini sudah melunak kamu akan menikmati nukmatnya pelukan Tuhan mu di hati mu.


Tinggalkan komentar

Bila hati kian bersih

Bila hati kian bersih pikiranpun akan jernih, sebuah potongan lirik dari lagu nasyid.

image

Pernah gak merasa sempit banget hatinya, gundah gak karuan, mau ngapa ngapain gak enak, beban hidup terasa berat. Coba deh liat kembali ke hari hari sebelum ini. Apa aja sih yg udah kamu lakukan. Mungkin kurang ibadah, kurang dzikir, atau bisa juga kebanyakan maksiat.. #mengingatkanDiriSendiri

Mungkin itu sebabnya, kita sedang jauh dengan Tuhan kita, kita sedang dekat dengan yang namanya setan. Pantes hati gak tenang, gundah gulana.
Nah bisa dicoba ni perbaiki prilaku kita dan terus perbaiki.. Kata rasul pun imbangi dosamu dengan perbuatan baik. Dzikir dan tobat, sedekah, instrospeksi diri, senyum sama orang, dan berbuat baik kepada orang lain.. Dengan berbuat baik dan berdzikir maka hati akan bersih, Insyaa Allah dosa dosa kita bisa diampuni Allah dan pikiran akan jernih, insyaa Allah kita akan menjadi pribadi yg lebih baik.

Ayo dzikir, ingat Tuhan ingat Dosa dan ingat Tuhan

dan ingat jangan lupa sarapan pagi. 😀

#NasehatUntukDiriSendiri


Tinggalkan komentar

Bersih bersih

Tahajud tiap malem, tobat tiap hari, istighfar tiap menit, apa gak bosen.. Istirahatlah sejenak, luangkan satu malam, atau satu minggu atau satu bulan tanpa tahajud, tanpa tobat. Trus rasakan, betapa hati ini bertambah keras.

image

Sumber foto : keluargaindonesia.net

Ibarat sebuah kaca, yg selalu dibersihkan, kaca itu bakalan bersih, tapi ketika kita gak pernah membersihkannya, kaca itu akan berdebu, lama kelamaan debu itu akan bertumpuk dan akan berkerak, sehingga susah untuk di bersihkan.

sama dengan hati kita, kalo malas untuk dibersihkan dengan tobat lama lama hati ini akan keras karena kotoran hati itu, yaitu dosa yg mengerak. Apalagi kalo menunda nunda membersihkan hati, dengan berdalih besok aja deh, nanggung ntar juga berbuat dosa lagi, besok aja kalo udah tua, sekarang senang seang dulu. Menunda tobat? Apa yakin besok kita masih hidup, apa yakin satu jam kedepan kita masih hidup.

Jadi bersihkan hati setiap saat, istighfar lah, insyaa Allah hati akan lunak, tak sekeras ketika kita jarang membersihkan hati.. Sehingga ketika tiba tiba kita dipanggil menghadapNya, paling tidak kita dalam keadaan lebih bersih daripada kita yg tak pernah atau jarang bertobat.

Hati bersih, hati lunak, prilaku mulia..


Tinggalkan komentar

Utamakan Allah

Suatu waktu pernah gak ketika kamu lagi seneng, kumpul kumpul sama keluarga, trus dateng adzan, km enggan untuk melangkah ke masjid. Atau pernah gak suatu waktu kamu lagi rapat, trus terdengar adzan, dan kamu masih melanjutkan rapat.

image

Kenapa? Why? Mungkin sempat berfikir, ah wajar kita sekali kali sholat di rumah, Dengan berdalih, ke masjid kan sunah, bisa sholat dirumah. padahal bagi laki laki sholat di masjid adalah sebuah sunah yang sangat diajurkan, kecuali kamu adalah seorang wanita. Ketika rapat kamu berpikir, nanti ngumpulinnya susah lagi, waktunya gak cukup, ntar ngumpulunnya lama lagi, nanggung bentar lagi kelar.

Yah alasan alasan itu tidak salah, tapi toh nyatanya mana bukti kamu bersyukur atas nikmat Allah yg telah mengumpulkan kamu di keluarga saat itu, mana rasa syukur kamu terhadap jalannya rapat yang lancar, siapa yg menumbuhkan ide ide cemerlang di dalam diskusi rapat. sedangkan pada dasarnya semua itu yang memberikan adalah Allah yg memiliki panggilan yg maha sempurna itu.. Adzan..

Nanggung katamu, sebentar lagi selesai, sedangkan di hape kamu pun ada jadwal yg jelas tentang waktu sholat, bisa kan beberapa menit sebelum adzan cari topik pembicaraan di bagian yg enak untuk dipotong, luangkan 1/2 atau 1/4 jam saja untuk instirahat, melepaskan diri dari dunia, penuhi panggilannya, kalau bisa kita menuju panggilannya bersama sama..

Trus gimana dong, nah berarti paling tidak,
1. Kita harus punya temen temen yang mengajak ke jalan kebaikan
2. Selalu ingat mana si nikmat paling besar, berkumpul di dunia membahas dunia, atau berkumpul di akherat, tanpa harus membahas dunia yg fana.
3. Perkuat niat untuk selalu mengedepankan Allah dari pada dunia dan seisinya, tapi tetap flaksibel dan gak memaksakan diri.
4. Ketika adzan berkumandang, ajak saudara mu dan keluargamu, yuk sholat kemesjid, insyaa Allah nanti kalian semua akan berkumpul lagi di syurga

Bukankah

sahabat yang baik adalah sahabat yang selalu mengingatkan pada kebaikan

Ketika kemaren saya sedang akan membuat sate bersama keluarga sahabat IQRO, sempat terpikir di kepala untuk sholat dirumah aja ah, lagi nanggung mbuat bumbu.. Tapi untung ada sahabat saya yang mengajak

ke mesjid aja yuk,

alhamdulillah ajakan itu mengingatkan niat saya pada niat saya untuk selalu memberikan ibadah terbaik buat Allah, yaitu sholat tepat waktu berjamaah di masjid. Menyesal sempat berpikir seperti itu, menganggap enteng perkara sholat berjamaah di masjid. Dan nyatanya toh bumbu tetap jadi, walaupun agak telat sedikit, sate tetap matang walaupun gosong sedikit, diskusi IQRO tetep jalan, walaupun waktunya terbatas, tapi yang terpenting adalah insyaa Allah limpahan berkah selalu ada, saya percaya itu..


Tinggalkan komentar

Nikmati hidup tanpa batas?????

Tangan ketika itu tak tau apa apa
Hanya bergerak mengikuti hawa nafsu
Hati tertutup awan ungu yang bertabur kilat
Membuat orang biasa merasa ngeri melihatnya

Yah semangat hidup, dengan berbekal prinsip “enjoy your life” menikmati hidup tanpa batas, bahkan kelewat batas
Itulah kami anak muda tak berbatas

Tapi apakah kau ingat, kalo kata orang jawa, do you remember?
Diucapkan dengan dialek banyumasan
Apa kebebasan tanpa batas itu yg kamu mau?
Melompat kekanan kekiri di rumah panggung lantai 2, tanpa memperhatikan sekitar kita adalah papan rapuh yang siap roboh..

image

Ya dunia ini ibarat rumah kayu lantai 2, dengan papan papan yg sudah mulai lapuk,
Jangan berjalan seenaknya atau malah berlompatan diatasnya, bisa bisa rumah itu roboh, ambruk atau kau terperosok di lubang lubang kayu yg mulai melapuk dimakan dosa dosa manusia.

Dunia ini tinggal menunggu saatnya roboh, saat sang sakala ditiupkan, dan kita akan diangkat ke akherat, apakah itu surga atau neraka. Semua itu pilihanmu..

Ubah prinsip hidupmu hai anak muda.. Termasuk saya yg masih muda dan kece.. “Enjoy your life with islam”
Pegang erat erat walau serasa menggenggam bara ditangan, yg jika kau genggam semakin panas, tapi percayalah dengan ISLAM kau akan aman di dunia, dan akherat