jalanankosong

raihlah mimpimu


Tinggalkan komentar

Rasi bintang sebagai petunjuk arah

starJaman dahulu, sebelum ada kompas, pelaut pelaut berlayar berpedoman pada bintang bintang. Rasi bintang namanya. Misal, rasi bintang biduk. Menjadi penunjuk arah utara pada waktu subuh. Sekitar pukul 04.00. Rasi bintang pedati sungsang sebagai penunjuk arah timur. Rasi bintang ini pernah dijadikan tanda bahwa telah datangnya waktu untuk menggarap ladang oleh orang-orang dahulu. Rasi bintang scorpion. Menjadi penunjuk arah tenggara. Bentuknya seperti kalajengking, sesuai namanya, scorpion. Dan rasi bintang orion, atau bisa dikatakan layang-layang. Rasi bintang ini adalah rasi penanda arah selatan.

Lalu siapa sebenarnya yg menciptakan bintang bintang ini, dan menempatkannya sehingga bisa membentuk rasi bintang pada arah arah tertentu sehingga bisa digunakan sebagai petunjuk arah. Siapa yang memberikan ilmu tentang perbintangan ini kepada manusia jaman dulu hingga sekarang. Bintnag bintang ini tidak akan tercipta dengan sendirinya, tidak akan bertempat diposisi seperti itu jika tidak ada yg merancanganya. Perancangnya pastilah Sang Maha Tahu, Sang pemilik Ilmu, dialah Allah pemilik langit dan bumi.

Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui.

Jadi Allah memang sengaja menyusun dan menciptakan bintang seperti itu agar bisa berguna bagi manusia, bukan hanya kebetulan saja. Karena segala sesuatu yg diciptakan di dunia ini pasti ada manfaatnya untuk kita semua.

terimakasih kepada : http://mafharanisa.blogspot.com/2011/09/bintang-sebagai-petunjuk.html
foto dari : http://komikmuda.com/2013/03/01/a-diary-of-blessings/

Iklan


Tinggalkan komentar

syukuri dan bergembiralah maka hidupmu akan lebih baik

bergembiralah karena tuhan telah memberikan yg terbaik untuk kita, kalo kita merasa apa yg kita dapat bukan yg baik, ingatlah saat sulit diwaktu kita, ketika kita merasa ini sudah baik, sukurilah. ketika kita mendapatkan yg lebih baik, maka ingatlah ketika kita mendapat yg kurang dari itu, sehingga kita bisa bersyukur dan bergembira atas karunianya.

tapi ketika kita tidak mensyukuri apa yg kita dapat, seberapa baik dan bagusnya apa yg kita dapat maka hasilnya akan selalu kurang, selalu kurang baik, selalu kurang bagus. ketika kita mendapatkan sesuatu yg kurang maka kita akan mengeluh mengeluh dan mengeluh. setelah mengeluh pastilah kegembiraan tidak akan datang.

mau selamanya tidak bergembira, syukurilah dan bergembiralah terhadap apapun yg kita dapat, pasti dunia akan lebih cerah, hidup akan lebih ceria dan bahagia dalam hidup akan selalu tercipta .


Tinggalkan komentar

Jumat pagi dengan sayap laron kecil

GambarBismillahirrahmanirrahim

Kisah jumat

Bangun di pagi ini membuatku merasakan sesuatu yg berbeda dari malam tadi, ketika hati ini berserakan entah bagaimana bentuknya aku pun tak tau, aku menemukan sesuatu yg lebih berantakan lagi daripada hatiku ini. Tanpa kusadari hati ini kembali rapi seperti sediakala, seperti tidak terjadi sesuatu apapun.

Sayap laron di depan kamarku, beserta laron itu yg berjuang hidup semalaman, dan akhirnya gugur menanggalkan sayap dan nyawanya di penghujung malam tadi. Kini tinggal bangkai dan sayap yg meninggalkan berbagai macam cerita tadi malam. Ada cerita sedih ada cerita haru, ada cerita senang. Semua itu takdir Allah, karna dia yg memegang kendali atas kehidupan setiap mahluk yg ada di bumi ini, termasuk juga takdirku.

Aku bersyukur. Aku masih diberi hidup dan kebahagiaan serta keluarga pagi ini, tapi tak begitu bagi laron, penghujung malam tadi adalah akhir dari perjuangan mereka, mencari makan, mengejar jodoh, memperbanyak keturunan, mencari cahaya, mencari jati diri, mencari kesenangan, ataupun sekedar mencari ketenangan dalam redupnya cahaya lampu malam.

Laron terimakasih pagi ini, lewat tubuh kecilmu, Allah berikan kembali kepercayadirianku, kekuatanku sebagai pujangga pagi, menyerap energi positif dunia yg kini akan kugenggam, hingga mentari muncul esok pagi. Selamat pagi dunia, selamat pagi masa depan, selamat pagi sayap sayap kecil. Satu hal lagi yg bisa diambil dari pelajaran ini, aku punya sarapan gurih pagi ini, kripik laron goreng. Ada yg mau.? Mungkin musim laron begini kripik laron jadi tren di akhir tahun ya.

Salam laron goreng.


Tinggalkan komentar >

bismillahirrahmanirrahim

teman saya dia orangnya lumayan pintar, tapi kenapa untuk mendapatkan kerja saja sangat sulit, ternyata dia adalah tipe orang yang pendiam, tidak banyak bicara, dan lebih suka menyendiri. Berbeda dengan teman kedua saya, dia bisa dibilang otaknya pas pasan, pas kebetual ada yg tanya pas banget dia tau.. hehehe.. tapi dengan otak yg pas pasan itu dia bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan, i tu karena dia supel.
Lalu kenapa bisa terjadi? Soalnya didalam dunia ini yg dibutuhkan manusia adalah komunikasi, dan komunikasi bisa terjalin baik kalau wawasan/ilmu kita luas. Seorang ahli akan berwawasan luas terhadap bidang keahliannya, dan akan mudah berbincang2 mengenai masalah seputar keahliannya itu. Nah berarti kesimpulan saya teman saya yg pertama walaupun sedikit pintar tp gak ahli di bidangnya.
Nah teman kedua saya, dia itu dengan otak yg pas pasan tapi dia bisa mengambil hati sebuah perusahaan dari cara dia berbicara, dia pintar dalam bernegosiasi dan dia bisa menempatkan diri dalam pembicaraan itu. Yah tentu wawasannya tentang kehidupan cukup luas. Orang seperti ini saya sebut dengan ahli tepat berbicara. Sama sama ahli kan, dan kedua duanya membuat kita mudah untuk mendapatkan pekerjaan.
Seperti ketika kita hobi tentang mobil, pasti kita akan banyak didatangi teman2 yang akan membeli mobil. Atau kita hobi dan ahli dalam ngutak atik daleman mobil, pasti teman teman kita yg akan memodifikasi mobilnya akan menghubungi kita. Dan suatu hal yg gak mungkin ketika kita ahli dalam ngutak atik mesin mobil, kita disuruh membetulkan mesin kereta, jauh banget donk.
Makannya ayo kita ahli di suatu bidang, agar kita menjadi orang yg sesuatu banget. Jangan hanya tau banyak hal tapi gak ada yg ahli satu bidang pun. Karena yg sering dicari orang adalah orang yg ahli, bukan orang yg banyak tau, apalagi orang yg sok tau.


Tinggalkan komentar >

Banyak orang yang bekerja banting tulang siang malam tetapi gak tau mau untuk apa hasilnya, sehingga banyak diantara mereka yg menggunakan kekayaannya hasil dari bekerja keras untuk berfoya foya. Biasanya ini terjadi di kalangan bujangan sukses yg lemah iman. Solusinya menikah sana.. ๐Ÿ˜€
Untuk yg sudah berumahtangga lebih mudah lagi menentukan kemana hasil kerja keras yg diperoleh, tentu saja untuk keluarga. Untuk insan yg kuat imannya, pasti hasil kerja kerasnya itu sebagian digunakan untuk tabungan di masa yg akan datang, dan untuk tabungan di akhirat kelak. Tidak akan dia sia siakan hasil kerja kerasnya selama mencari nafkah.
Masalah motivasi adalah urusan pribadi masing masing, karena kehidupan ini kita sendiri yg mengaturnya. Karena cita cita yg diinginkan tiap manusia di dunia ini berbeda beda. Ada yg ingin memiliki rumah mewah, mobil sport, ingin menjadi orang terkaya di dunia. Kita tinggal menentukan dan menggantungkan 5cm di depan kening kita, sebagai motivasi untuk kita capai.
Motivasi ini akan menjadikan kita sukses sesuai apa yg kita inginkan, yaitu mendapatkan apa yg kita inginkan tadi. Tapi apakah kamu bahagia setelah mendapatkan semua itu? Kalo kata guru kehidupan saya, sukses yg membuat bahagia adalah sukses yg mulia. Lalu apa mulia itu?
Mulia itu adalah apabila kesuksesan yg kita raih itu dapat memberi manfaat yg banyak untuk sesama, dapat mengantarkan kita ke syurga. Sehingga kita tidak menjadi orang yg sukses diatas penderitaan orang yg lebih lemah, seperti suksesnya atasan karena menindas bawahannya, suksesnya sang lintah darat dengan menindas klientnya.
Sukses mulia itu ibarat memetik buah di kebun sendiri menggunakan tangga, tanpa merusak tanaman disekitar pohon, kemudian memakannya bersama sama dengan teman teman, asik bukan. Jangan sampai kita sukses tapi celaka, yang memetik buah di halaman rumah dengan menginjak injak tanaman di sekitar pohon sehingga tanaman disekitarnya rusak, kemudian makan sendiri dibelakang rumah, dan akhirnya mati kekenyangan, serem kan.
Nah sekarang apa motivasi mu dalam mencari nafkah, kalo saya agar bisa sukses mulia. Sukses didunia mulia didunia dan akhirat. Global sekali ya, tapi sukses disini mewakili semuanya kok hehehe..


Tinggalkan komentar

Belajar Efektif buang Rasa Sombong

ImageImage

beberapa waktu yg lalu saya mengikuti sebuah Les baca AlQuran di daerah condet. Tujuan untuk memperbaiki bacaan saya. Mulai dari level satu dan teman temannya pun gak kalah menarik, kebanyakan bapak bapak yg sudah setengah baya. Saya kagum dengan kemauan mereka untuk belajar.

Dibalik kekaguman itu kadang saya merasa kenapa saya ditempatkan di level satu padahal saya sudah bisa membaca lumayan lancar. Kesombongan mulai terpancar di otak saya. Tapi kesombongan ini tertepis ketika giliran saya membaca beberapa huruf hijaiyah, banyak kesalahan yg saya ucapkan dari huruf, panjang pendek dan penekanannnya.

Semua akibat saya sombong. Setelah saya tersadar akan kesombongan saya langsung saya membuang jauh jauh rasa ini, karena dengan adanya rasa sombong maka akan menjadi benteng tinggi masuknya ilmu yg sedang kita pelajari. Sama halnya ketika kita belajar di sekolah atau kampus, atau mengikuti pelatihan atau seminar. Ketika kita merasa kita sudah bisa, dan rasa sombong tercuar muncrat muncrat seperti air yg keluar dari keran. Maka ilmu akan sulit masuk. Percaya deh.

Kalo kata guru kehidupan saya, agar belajar bisa effektif dan tersedap baik, maka yg harus dilakukan adalah : mebuang jauh jauh rasa sombong, karena seperti yg dikatakan tadi sombong membangun otomatis tembok yg tinggi sehingga ilmu akan sulit masuk ke hati kita.

Ketika mendapat materi yg kita sudah tau, maka anggap itu adalah sebuah review ulang yg mengingatkan kita. Sehingga kita tetap antusias dalam menyimak apa yg sedang kita pelajari, ini salah satu cara agar tidak sombong juga.Kemudian yang terakhir hormati orang yg memberikan ilmu itu. Ketika kita tidak menghormatinya maka sama seperti sombong, tembok kokoh yg lebih tinggi lagi akan terbentuk menghalangi ilmu masuk. Bagaimana mau mendapatkan ilmu, orang yg akan mentranferkan ilmunya saja tidak kita sukai, bahkan kita cemooh.

Seperti ketika kita meminjam uang kepada bos kita, tapi kita bersikap sombong dihadapan dia, apakah bos akan meminjamkan uang kepada kita? Justru sebaliknya Kita harus bersikap rendah hati, dan berbaik hati, jangan mencemooh bos, pasti bos akan meminjamkan uang ke kita.

Ataupun ketika seorang pengemis yg meminta minta dipinggir jalan dengan santun meminta, dan mendoakan sang pemberi ketika diberi uang pasti sang pemberi uang akan senang dan tidak ragu ragu untuk bersedekah kepada dia. Bandingkan dengan preman diangkot yg meminta dengan menakut2i dan mengancam malahan membuat risih para penumpang, ada gak yg mau ngasih uang kedia. Ada juga yg ngasih karena takut, yg lain โ€œgw mah ogah ngasihโ€.

Sama dengan ilmu, ketika kita santun dalam menimba ilmu, tidak sombong, rendah hati dan menghormati yg memberikan ilmu ke kita, maka ilmu itu akan mudah terkirim ke orak dan hati kita.belajar itu ada adabnya kawan. Selamat menuntut ilmu teman teman, ilmu bisa didapatkan dimana saja, gurunya siapa saja, bahkan tongsampahpun bisa menjadi guru.


Tinggalkan komentar

Pentingnya Hari Ibu apa si?

Gambarbismillahirrahmanirrahi,

kemaren tu marak sekali dengan yg namanya perayaan hari ibu. setiap anak dari seluruh negeri memberikan bunga yg cantik, kado yg indah untuk sang ibu. tapi sebenarnya apa si essensinya hari ibu kok diperingati tiap setahun sekali. apa balas kasih sayang untuk ibu hanya diberikan waktu hari ibu saja. atau ada alasan lain.

ibu yg sudah mengandung kita selama 9 bulan kurang lebih, kemudian ada yg menyusuinya hingga 2 tahun, kemudian mendidik kita sampai kita dewasa. kasih sayangnya sangat luar biasa kita rasakan, tapi kenapa sih kita cuma memberikan bunga ke ibu setiap tanggal 22Desember. apakah sebanding dengan kasih sayang beliau?

yang terpenting, ternyata doa ibu itu tak pernah terputus, dia memohonkan keselamatan dan memohonkan yg terbaik untuk anaknya kepada Allah. dan itu adalah sebaik baiknya doa. perhatiannya tak terputuskan dan tak tergantikan. kita sering lupa mengabari keadaan kita di tmpat yg jauh ini, tapi selalu mengabarkan berita kepada pacar.

QS. Al-Ahqaf ayat 15:

ูˆูŽูˆูŽุตู‘ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุงู’ู„ุฅูู†ุณูŽุงู†ูŽ ุจููˆูŽุงู„ูุฏูŽูŠู’ู‡ู ุฅูุญู’ุณูŽุงู†ู‹ุง ุญูŽู…ูŽู„ูŽุชู’ู‡ู ุฃูู…ู‘ูู‡ู ูƒูุฑู’ู‡ู‹ุง ูˆูŽูˆูŽุถูŽุนูŽุชู’ู‡ู ูƒูุฑู’ู‡ู‹ุง ูˆูŽุญูŽู…ู’ู„ูู‡ู ูˆูŽููุตูŽุงู„ูู‡ู ุซูŽู„ุงูŽุซููˆู†ูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑู‹ุง ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฅูุฐูŽุง ุจูŽู„ูŽุบูŽ ุฃูŽุดูุฏู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุจูŽู„ูŽุบูŽ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนููŠู†ูŽ ุณูŽู†ูŽุฉู‹ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุจู‘ู ุฃูŽูˆู’ุฒูุนู’ู†ููŠ ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุดู’ูƒูุฑูŽ ู†ูุนู’ู…ูŽุชูŽูƒูŽ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุฃูŽู†ู’ุนูŽู…ู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ู‘ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽุงู„ูุฏูŽูŠุฐูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุนู’ู…ูŽู„ูŽ ุตูŽุงู„ูุญู‹ุง ุชูŽุฑู’ุถูŽุงู‡ู ูˆูŽุฃูŽุตู’ู„ูุญู’ ู„ููŠ ูููŠ ุฐูุฑู‘ููŠู‘ูŽุชููŠ ุฅูู†ู‘ููŠ ุชูุจู’ุชู ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ูˆูŽุฅูู†ู‘ููŠ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ

Artinya:

Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah(pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdoโ€™a, โ€œYa Tuhan-Ku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nโ€™mat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang Muslim.โ€ย 

Emang pacar mau nglunasin hutang kita kalo kita punya utang yg tak terbayarkan [emang siapa elo..], tapi ibu mau. pacar gak akan mendoakan keselamatan kita tiap malam tapi ibu selalu. ibu selalu bangun tengah malam mendoakan kesuksesan kita, tapi pacar tidak. rubah kebiasaan kita, selalu beri kabar kepada ibu karena ibu selalu menantinya.

suatu ketika saya sedang bekerja di jakarta mengalami sakit perut yg tak tertahankan. akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke tempat Pakde di tangerang. memberi kabar ke rumah bahwa saya sedang mengalami sakit yg lumayan berbeda dengan sakit biasanya ini membuat secara mendadak Ibu pergi ke Jakarta menemui anak lelakinya yg paling ganteng [ini versi ibu saya lho].

alhasil besok siang ibu sudah sampai di jakarta, dan mendapati saya tergeletak lemas menahan perut yg mulai semakin menjadi jadi sakitnya. esok harinya ibu mengantarkan saya ke dokter sepesialis penyakit dalam dan didiagnoda saya terkena ususbuntu dan harus segera dioprasi.

sekeika itu juga saya melihat ibu yg tadinya tenang, berubah raut muka menjadi raut muka cemas, khawatir dan air mata mulai menetes di pipinya. yah saya hanya bisa pasrah menunggu waktu oprasi dimulai. ibu yg mengurus semua keperluan rumah sakit. setelah oprasi ibu menemani saya berbaring di ruang tunggu-pasien-setelah-oprasi hingga kaki bisa digerakan dan diperbolehkan masuk ke kamar.

selama menunggu masa kentut [untuk yg habis operasi wajib kentut baru boleh makan minum dan pulang], ibu menemani saya tanpa lelah. berjaga tiap malam bersama mba tersayang. hingga akhirnya waktu pulang tiba. saya melihat ibu mulai tenang. hingga akhirnya saya dibwa pulang ke Rumah di Purwokerto agar bisa dirawat oleh Ibu. [paska operasi itu tidak enak].

setelah bisa melakukan aktifitas secara normal, saya kembali ke jakarta dilepas dengan pelukan hangat Ibu dan Bapak. terimakasih bapak, Ibu dan kakak dan adikku, tanpa kalian aku gak ada apa apanya di dunia ini. terutama ibu, tanpa ibu aku gak akan jadi manusia yg seperti sekarang ini.

i love you ibu

nah sehubungan dengan hari ibu, menurutku ini bukan hanya sebagai hari dimana anak memberi bunga ke ibu, tapi lebih kepada mengingatkan kita kalo kita seharusnya menyayangi ibu, karena jasa ibu tak terbalaskan. mengingatkan jikalau ada yg selama ini lupa kalo kita punya wanita hebat yg bernama ibu.

dihari ibu boleh kita memberi beliau bunga atau coklat, tapi dihari hari selanjutnya jangan lupa juga selalu mencium pipinya, memberi perhatian, memberikan hadiah, cuma untuk satu hal. Membuat hati Ibu senang. Membalas jasa beliau dan kasih sayang Ibu walaupun gak akan sepadan sampai kapanpun.